Definisi dan Cabang Ilmu Komputer



1. DEFINISI  ILMU KOMPUTER
 
     Ilmu komputer secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisa abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, dan perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware).



    Ilmu komputer mempelajari apa yang bisa dilakukan oleh beberapa program, dan apa yang tidak (komputabilitas dan intelegensia buatan), bagaimana program itu harus mengevaluasi suatu hasil (algoritma), bagaimana program harus menyimpan dan mengambil bit tertentu dari suatu informasi (struktur data), dan bagaimana program dan pengguna berkomunikasi (antarmuka pengguna dan bahasa pemrograman).

    Ilmu komputer berakar dari elektronika, matematika dan linguistik. Dalam tiga dekade terakhir dari abad 20, ilmu komputer telah menjadi suatu disiplin ilmu baru dan telah mengembangkan metode dan istilah sendiri.

Berikut pendapat beberapa ahli tentang ilmu komputer :
     
            a. Edsger Dijkstra
Ilmu komputer bukan tentang komputer sebagaimana astronomi bukan tentang teleskop.

            b. Denning
Ilmu komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmikyang menjelaskan dan mentransformasikan informasi : baik itu berhubungan dengan teori-teori, analisa, desain, efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya.

            c. Richard Feynman (Fisikawan)

Ilmu komputer umurnya tidak setua fisika; lebih muda beberapa ratus tahun. Walaupun begitu, ini tidak berarti bahwa “hidangan” ilmuwan komputer jauh lebih sedikit dibanding fisikawan. Memang lebih muda, tapi dibesarkan secara jauh lebih intensif.


2. CABANG-CABANG ILMU KOMPUTER
 
            a. Matematika Komputasi

     Matematika Komputasi adalah matematika yang menggunakan komputasi khususnya dengan komputer untuk menyelesaikan permasalahan matematika. Matematika terus berkembang, mengingat kepentingannya di dalam matematika, kemudian komputasi memainkan peran yang semakin menguat, baik itu di ilmu pengetahuan, maupun di matematika.

     Ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Komputasi juga bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma.           Komputasi merupakan suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Komputasi menggabungkan antara dua komponen ilmu yang berbeda, yaitu komputer dan matematika. Ilmu ini digunakan untuk menerapkan teori matematika ke dalam aplikasi komputer.

            b. Keamanan Internet

      Keamanan Internet adalah kegiatan untuk melindungi dan memelihara sumber-sumber (resources) dan informasi pribadi di internet.

     Pada saat komputer terhubung dalam jaringan dan mulai saling berkomunikasi, maka akan mulai beresiko. Keamanan internet meliputi : perlindungan terhadap akun (account) dan file internet dalam sebuah komputer terhadap intrusi (gangguan) pengguna asing. Contoh yang sederhana adalah memilih password yang baik, mengubah file permission dan mem-back up data komputer.

            c. Data Warehouse

     Pengertian Data Warehouse dapat bermacam-macam namun mempunyai inti yang sama, seperti pendapat beberapa ahli berikut ini :

      Menurut W.H. Inmon dan Richard D.H., data warehouse adalah koleksi data yang mempunyai sifat berorientasi subjek,terintegrasi,time-variant, dan bersifat tetap dari koleksi data dalam mendukung proses pengambilan keputusan management.

      Menurut Vidette Poe, data warehouse merupakan database yang bersifat analisis dan read only yang digunakan sebagai fondasi dari sistem penunjang keputusan.

      Menurut Paul Lane, data warehouse merupakan database relasional yang didesain lebih kepada query dan analisa dari pada proses transaksi, biasanya mengandung history data dari proses transaksi dan bisa juga data dari sumber lainnya. Data warehouse memisahkan beban kerja analisis dari beban kerja transaksi dan memungkinkan organisasi menggabung/konsolidasi data dari berbagai macam sumber.

     Jadi, data warehouse merupakan metode dalam perancangan database, yang menunjang DSS(Decission Support System) dan EIS (Executive Information System). Secara fisik data warehouse adalah database, tapi perancangan data warehouse dan database sangat berbeda. Dalam perancangan database tradisional menggunakan normalisasi, sedangkan pada data warehouse normalisasi bukanlah cara yang terbaik.
Dari definisi-definisi yang dijelaskan tadi, dapat disimpulkan data warehouse adalah database yang saling bereaksi yang dapat digunakan untuk query dan analisisis, bersifat orientasi subjek, terintegrasi, time-variant,tidak berubah yang digunakan untuk membantu para pengambil keputusan.

            d. Mobile Computing

      Mobile computing mengacu pada rancangan paradigma komputasi untuk para pekerja yang melakukan kegiatan atau perjalanan busines di luar organisasi atau untuk seseorang yang melakukan berbagai transaksi busines dari suatu tempat ke tempat yang lain (berpindah-pindah). Notebook atau laptop komputer, Personal Digital Assistant (PDA), wireless mobile computing, wireless laptop, smartphone, microbrowser, blackberry merupakan beberapa contoh mobile computing yang dapat mendukung seseorang ketika harus melakukan berbagai bentuk transaksi busines di luar perusahaan. Dengan mengimplementasi mobile computing, seorang tenaga penjualan dapat membuat atau mengajukan proposal pada pelanggan. Selain itu, seorang traveler juga dapat membuka, membaca dan menjawab e-mail setiap harinya, selama melakukan perjalanan bisnis. Dengan dukungan mobile computing, seseorang di mana pun berada, tetap dapat bekerja dan melakukan aktivitas busines dengan perangkat mobile dan wireless computing, selama baterai masih mampu bekerja.

       Mobile dan wireless computing diperlukan untuk dua solusi. Solusi pertama, dengan bentuk dan ukuran yang kecil dan ringan, mobile computing dapat dibawa kemana-mana dengan mudah (mobile). Solusi pertama ini menggunakan perlengkapan yang portabel untuk menyimpan dan memproses data, yang terhubung dengan jaringan yang luas melalui sinkronisasi. Sinkronisasi merupakan pertukaran informasi terkini dengan perangkat komputer lainnya. Solusi kedua, untuk mengganti kabel dengan jaringan wireless. Hal ini dapat berarti bahwa, teknologi yang selama ini menggunakan kabel sebagai koneksi antar jaringan, saat ini sudah digantikan oleh teknologi nirkabel atau menggunakan jaringan tanpa kabel. Kedua kombinasian solusi tersebut dihasilkan dalam wireless mobile computing.

       Seluruh perangkat mobile membutuhkan koneksi dengan jaringan telekomunikasi atau dengan perangkat lainnya, yang disesuaikan dengan tujuan koneksi, kapabilitas dan lokasi perangkat, serta ketersediaan opsi koneksi setiap saat. Dalam hal ini, terdapat empat jenis jaringan telekomunikasi antara lain; 1) Personal Area Network (PAN), yaitu suatu jaringan telekomunikasi wireless untuk koneksi antar perangkat dalam lingkup yang sangat kecil (hingga jarak 30 kaki), 2) Wireless Local Area Network (WLAN), yaitu suatu jaringan telekomunikasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat koneksi wireless yang berjarak pendek dengan internet atau jaringan lain, 3) Wireless Metropolitan Area Network (WMAN), yaitu suatu jaringan telekomunikasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat koneksi berjarak medium dengan internet atau jaringan lain dan 4) Wireless Wide Area Network (WWAN), yaitu suatu jaringan telekomunikasi yang menawarkan cakupan wireless lintas area geografi yang luas, seperti halnya jaringan telepon selular.

            e. Algoritma

        Algoritma adalah urutan langkah-langkah untuk memecahkan masalah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, algortima adalah urutan logis pengambilan putusan untuk pemecahan masalah. Algoritma dibutuhkan untuk memerintah komputer mengambil langkah-langkah tertentu dalam menyelesaikan masalah.

            f. Practical Considerations
      
Contoh :
1. Sebuah algoritma tidak cukup hanya benar dan reliable, tetapi juga harus akurat dan cukup efisien. Sebuah algoritma numerik yang mengakumulasi kesalahan yang terlalu besar terhadap pembulatan mungkin kurang akurat hasilnya.
2. Pembuatan kode program (menganalisa statemen program yang paling sering dijalankan) dan teknik untuk membuat kode yang lebih efisien dalam kasus tertentu. Dalam hal ini juga perlu diingat bahwa suatu algoritma yang efisien dalam satu masalah menjadi kurang efisien untuk masalah yang lain, sehingga  memerlukan algoritma lain pula yang lebih efisien.

            g. Pemograman Komputer

       Pemograman Komputer adalah kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program), dalam sebuah bahasa pemrograman.

            h. Compiler
   Compiler atau interpreter bisa diibaratkan sebagai suatu kamus yang berfungsi untuk menterjemahkan bahasa pemrograman yang ditulis oleh 5 programmer kedalam bahasa mesin agar komputer bisa bekerja sesuai dengan ketentuan program yang ditulis. Bahasa mesin merupakan suatu bahasa yang dikenal oleh komputer  

            i. Interaksi Manusia dengan Komputer (Human-Komputer Interaction)

   Interaksi manusia dan Komputer adalah suatu rancangan system komputer yang mendukung/membantu manusia. Human Komputer Interaction = Interaksi. Manusia dan komputer, yang secara umum adalah mempelajari suatu interaksi yang terjadi antara manusia dan komputer antara manusia dengan manusia terjadi suatu interaksi; yang beragam cara berinteraksinya dapat secara berdialog, menggunakan suatu bahasa yang di kenal antar manusia atau melalui simbol-simbol yang diciptakan oleh manusia itu sendiri.

Komponen Interaksi Manusia dengan Komputer :
                        - USER
Pengguna secara individu, suatu group dari pengguna yang bekerja sama, atau sekelompok pengguna dalam organisasi; dimana masing-masing berhubungan dengan bagian sama dari suatu kerjaan atau proses. Pengguna berusaha menyelesaikan pekerjaannya dengan menggunakan bantuan teknologi (komputer)
                        - KOMPUTER
Komputer adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengontrol suatu proses atau sebuah sistem; Jenisnya dapat berupa komputer yang berskala kecil desktop sampai keskala besar seperti komputer super.
Komputer dapat juga berupa suatu teknologi yang dapat ditempelkan/dicangkokkan (embedded system) ke suatu benda.
                        - INTERAKSI
Setiap komunikasi antara pengguna (user) dengan komputer, secara langsung maupun tidak langsung; Interaksi tersebut melibatkan suatu dialog dengan suatu umpan-balik (feedback) dan kontrol hasil kinerja dari suatu kerja; Interaksi yang yang bagus antar pengguna dengan pemberi dapat memberikan suatu kemudahan dalam melakukan pekerjaan sehingga dapat menghasilkan suatu hasil yang diinginkan tepat waktu.

            j. Sistem Operasi (Operating Systems)

       Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.

       Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.

       Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.

       Contoh-contoh dari Sistem operasi Komputer misalnya adalah Windows, Linux, MacOS, dan lain lain.

            k. Sistem programming

      Sistem programming adalah aktifitas dari perangkat lunak pemrograman sistem. Karakteristik dari pemrograman system ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat lunak yang menyediakan layanan kepada user(misal word processor), perangkat keras (misal: disk defragmenter).

            l. CRM

       CRM merupakan sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan korporasi dan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan komunikasi, pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda dengan pelanggan. Pendekatan ini memungkinakn untuk mempertahankan pelanggan dan memberikan nilai tambah terus menerus pada pelanggan, selain juga memperoleh keuntungan yang berkelanjutan.CRM (customer relationship management) mengkombinasikan kebijakan, proses, dan strategi yang diterapkan organisasi menjadi satu kesatuan yang digunakan untuk melakukan interaksi dengan pelanggan dan juga untuk menelusuri informasi pelanggan. Pada era saat ini, implementasi       CRM selalu akan menggunakan teknologi  informasi untuk menarik pelanggan baru yang mengguntungkan, hingga mereka memiliki keterikatan pada perusahaan.

            m. Sistem Informasi Geografis

       Sistem Informasi Geografi (SIG) adalah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan, memanipulasi, dan menganalisis informasi geografi. Yang semula informasi permukaan bumi disajikan dalam bentuk peta yang dibuat secara manual, maka dengan hadirnya Sistem Informasi Geografi (SIG) informasi-informasi itu diolah oleh komputer, dan hasilnya berupa peta digital. Sistem Informasi Geogafi (SIG) mampu menyajikan keaslian dan kelengkapan sebuah informasi dibandingkan cara-cara yang digunakan sebelumnya. Sistem informasi geografi menyimpan data sesuai dengan data aslinya. Walaupun demikian, agar data yang disimpan itu akurat, maka data yang dimasukkan haruslah data yang akurat. Sistem Informasi Geografi (SIG) akan memberikan informasi yang kurang akurat bila data yang dimasukkan merupakan data yang meragukan.

       Selain berperan sebagai alat pengolah data keruangan, sistem informasi geografi juga mampu menyajikan informasi mengenai sumber daya yang dimiliki oleh suatu ruang atau wilayah tertentu. Dengan demikian, sistem informasi geografi tidak hanya befungsi sebagai “alat pembuat peta”, tetapi lebih jauh dari itu. Sistem informasi geografi mampu menghasilkan suatu sistem informasi yang aplikatif, yang dapat digunakan oleh perencana atau oleh pengambil keputusan untuk kepentingan pengolahan sumber daya yang ada di suatu wilayah. Kajian tentang pemetaan sangat penting dalam pelajaran Geografi, karena kajian-kajiannya berkaitan dengan ruang di permukaan bumi akan berhubungan dengan persebaran, jarak, letak, fungsi dan potensi, dan objek serta interaksi antarobjek di permukaan bumi sehingga objek-objek geografi perlu digambar pada bidang datar yang disebut peta.

       SIG sebagai sistem komputer yang digunakan untuk memanipulasi data geografi. Sistem ini diimplementasikan dengan perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk akusisi dan verifikasi data, kompilasi data, penyimpanan data, perubahan dan pembaharuan data, manajemen dan pertukaran data, manipulasi data,pemanggilan dan presentasi data serta analisa data (Elly, 2009).

            n. Sistem Informasi Manajemen

       Definisi sebuah sistem informasi manajemen, istilah yang umum dikenal orang adalah sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu (intregated) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer, prosedur  pedoman, model manajemen dan keputusan, dan sebuah “data base”

            o. Object-oriented programming (OOP)

       Pemrograman berorientasi objek. Pemrograman ini mempertinggi kualitas dan produktifitas pengembangan software. Program pengembangannya dilakukan dengan pendekatan building block. Setiap block, disebut object, bersifat independen dan mampu berjalan sendiri atau saling kunci dengan object lain dengan mudah dan otomatis. beberapa object berinteraksi dengan saling memberikan informasi satu terhadap yang lainnya. Masing-masing object harus berisikan informasi mengenai dirinya sendiri (encapsulation) dan object yang dapat dikaitkan (inheritance).

            p. Enterprise Resources Planning (ERP)

      Kemampuan dukungan teknologi untuk ber komunikasi dan berbagi informasi antara pelanggan, staf-staf layanan dan perusahaan secara keseluruhan.

            q. Jaringan Komputer

       Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.
Tujuan dari jaringan komputer adalah:
1. Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer , CPU , memori , harddisk
2. Komunikasi: contohnya surat elektronik , instant messaging , chatting
3. Akses informasi: contohnya web browsing

            r. Ad-hoc Networks

      Jaringan ad hoc biasanya terkait dengan perangkat nirkabel. Bila sambungan sudah dibuat di antara dua atau lebih komputer tanpa dasar stasiun, mereka telah membentuk jaringan ad hoc. Ad hoc yang masih memegang definisi dalam hal ini karena sambungan tidak tetap tetapi telah dibentuk sementara untuk memenuhi kebutuhan tertentu.

            s. Database Management System (DBMS)

       DBMS adalah suatu sistem atau perangkat lunak (software) yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang banyak di minta user.

            t. Artificial Intelligent

       Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah suatu ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan pada disiplin ilmu seperti ilmu komputer, biologi, psikologi, ilmu bahasa, matematika dan teknik.

       Artificial Intelligence (AI) memiliki tujuan untuk menciptakan komputer-komputer yang dapat berfikir (dan juga) dapat melihat, mendengar, berjalan, berbicara, dan merasakan. Dorongan utama dari Artificial Intelligence (AI) adalah pengembangan fungsi normal komputer yang digabungkan dengan kecerdasan manusia, seperti memberi alasan, menarik kesimpulan, belajar dan memecahkan masalah.

Bagian-bagian Utama dari Aplikasi Artificial Intelligene (AI)

       Artificial Intelligence (AI) dapat dikelompokkan ke dalam empat bagian utama, yaitu ilmu falsafat, ilmu komputer, aplikasi robotic, dan bahasa alami yang akan dijelaskan berikut ini.

            1. Aplikasi Ilmu Falsafat
Untuk aplikasi ini, Artificial Intelligence (AI) berbasis pada penelitian di bidang biologi, neurologi, psikologi, matematika, dan berbagai disiplin ilmu terkait lainnya. Fokus penelitian dari aplikasi ini adalah meneliti bagaimana otak manusia dapat bekerja, dan bagaimana manusia dapat berfikir dan belajar. Aplikasi ilmu falsafah ini mencakup pengembangan di bidang sistem pakar, sistem berbasis pengetahuan, sistem belajar, dan sistem logic fuzzy.

            2. Aplikasi Ilmu Komputer
Untuk aplikasi ini, Artificial Intelligence (AI) memfokuskan diri pada perangkat keras komputer dan sistem perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menghasilkan superkomputer yang kuat seperti yang dibutuhkan oleh berbagai aplikasi Artificial Intelligence (AI). Aplikasi ilmu komputer ini mencakup pengembangan genarasi kelima komputer, pemrosesan pararel, pemrosesan simbolik, dan jaringan neural.

            3. Aplikasi Robotic
Robotic berbasis pada bidang Artificial Intelligence (AI), teknik, dan psikologi. Teknologi inilah yang menghasilkan robot. Robot diartikan sebagai mesin dengan kecerdasan komputer dan dikontrol oleh komputer, dan memiliki kemampuan fisik seperti manusia. Aplikasi dari robotic ini mencakup pemberian kemampuan untuk melihat atau persepsi visual, menyentuh atau kemampuan meraba, decterity atau kemampuan untuk memegang dan memanipulasi, pengangkutan atau kemampuan fisik untuk bergerak, dan navigasi atau kecerdasan untuk menemukan atau mencapai jalan keluar.

            4. Aplikasi Bahasa Alami
Pengembangan aplikasi ini berhubungan dengan lingkungan atau bagian utama dari Artificial Intelligence (AI) dan merupakan inti dari ilmu falsafat dan robotic. Dapat berkomunikasi atau berbicara kepada komputer dan robot dakam bahasa percakapan manusia dan dapat membuat komputer “mengerti” kita seperti kita saling mengerti satu sama lain merupakan tujuan dari Artificial Intelligence (AI).




Komentar

  1. apakah di tahun sekarang ini jurusan ilmu komputer masih bagus?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filsafat Matematika dan Pendidikan Matematika: Jawaban dari soal-soal Filsafat Pendidikan Matematika

Perjalanan Ahad Kemarin

Menikah Atika - Wisnu